Blog

Kelas Wacana: Sampah 101

Poster Kelas Sampah

Mari ​bicara ​sampah. ​Apa ​yang ​ada ​di ​benak ​anda?

Apakah ​tumpukan ​barang ​tak ​terpakai ​dan ​sisa ​berbau ​busuk? ​Yang ​ingin ​kita ​lakukan ​adalah menyingkirkannya ​sejauh ​mungkin ​dari ​sekitar ​kita. ​Tapi ​sejauh ​mana? ​Di ​bumi ​yang ​padat ​ini, adakah ​tempat ​kosong ​yang ​jauh ​dari ​kita, ​manusia? ​Disengaja ​atau ​tidak, ​sebenarnya ​kita ​telah membuang ​sampah ​kita ​ke ​tempat-tempat ​yang ​sangat ​jauh ​dari ​kita. ​Namun ​sayangnya, ​sekali lagi, ​di ​bumi ​yang ​satu ​ini, ​tak ​ada ​tempat ​yang ​terlalu ​jauh ​hingga ​akhirnya ​dampak ​dari ​cara kita ​menangani ​sampahpun ​kembali ​kepada ​kita.

Pada kelas wacana: Sampah 101 ini, kita akan membahas lebih radikal mengenai permasalahan sampah dan cara penanganannya. Harapannya, kita tak latah mengikuti jargon-jargon klise seperti “buang sampah pada tempatnya” yang ternyata tidak menyelesaikan permasalahan fundamental (malah melanggengkan kebutuhan akan sampah) .

Rangkaian kelas ini berbentuk semacam kuliah dan diskusi. Inilah jadwal dan struktur materi yang akan kita diskusikan dalam kelas ini:

1/Menelaah Alur Pembuangan Sampah

Sabtu, 25 November 2017 – Pukul 09.00 – 13.00 WIB

-Apa itu Sampah?

-Telaah alur pembuangan sampah dan dampak

-diskusi cara penanganan dan meminimalisasi sampah

2/Nobar dan Diskusi Film ” Trashed (2007) “

Minggu, 26 November 2017 – Pukul 18.00 – 21.00 WIB

-Diskusi mengenai kondisi penanganan sampah di Surabaya bersama Piki & Wawan (Nol Sampah Surabaya)

Untuk efisiensi penyampaian materi, peserta kelas ini dibatasi 20 orang. Setiap peserta harap membawa tumbler/botol minum, bekal, dan alat tulis sendiri.

Kelas akan dilaksanakan di Bale Pare Surabaya (Jalan Mojo III Nomor 16, Gubeng, Surabaya).

Alternatif Transaksi

Uang (min. 15 orang)

  1. Rp 15.000/ kelas
  2.  Rp 25.000 (untuk paket 2 kelas)

*(Diskon 10% untuk anggota koperasi)

Barang (maks. 5 orang)

  1. 4 buah Kertas Plano + Isi Spidol Boardmarker (non-permanen) (1 orang)
  2. Isi Ulang 1 Galon Aqua (1 orang)
  3. 1 kg Gula + 1 pak Teh (merek bebas) (1 orang)
  4.  1/2 kg buah Semangka + 2 buah Nanas (1 orang)

Untuk info lebih lanjut, hubungi uraura.co@gmail.com atau 085-790-259-084 (Whatsapp, Line, dan Telepon)

Untuk pendaftaran kelas sampah sila klik bit.ly/KelasSampah101

Untuk pendaftaran anggota koperasi sila klik bit.ly/daftarkoperasiuraura

Iklan

Kelas Lokakarya: Ecoprint

Poster Kelas Ecoprint FIX (1)Industri tekstil mengalami perkembangan yang begitu pesat. Manusia awalnya menggunakan material alam seperti kulit hewan atau kulit kayu sebagai bahan baku tekstil. Di era berikutnya manusia mulai mengenal teknologi memintal benang yang kemudian ditenun hingga membentuk lembaran kain. Untuk menciptakan warna dan motif, dedaunan dan getah pohon menjadi bahan utama pembuatan zat warna. Sejak ditemukannya mesin pintal dan tenun di era revolusi industri mulai muncullah teknologi-teknologi canggih untuk menciptakan tekstil dengan karakter tak terbatas. Teknologi canggih dalam pembuatan tekstil ini rupanya berbanding terbalik dengan kondisi lingkungan dan alam di sekitarnya. Emisi karbon yang dihasilkan dari mesin-mesin industri tekstil, zat kimia berbahaya pada pewarna, serta limbah garmen yang  berlebihan membuat industri tekstil menjadi industri yang destruktif. Industri ini lama-kelamaan menyebabkan pencemaran lingkungan dan kerusakan alam. Air, tanah, udara, serta kesehatan manusia menjadi yang paling terdampak.

Ecoprint, adalah teknik pembuatan motif kain yang diharapkan mampu menjadi alternatif fashion yang lebih selaras dengan alam. Teknik ini berpegang teguh pada prinsip slow fashion (antitesis dari fast fashion) yang mengedepankan prinsip-prinsip fashion berkelanjutan. Ecoprint sendiri adalah teknik membuat motif dari bahan-bahan alam seperti dedaunan, bunga, dan ranting-ranting pohon. Motif didapatkan dari bentuk tulang daun serta warna yang menempel pada kain setelah kain dikukus, sama prinsipnya dengan teknik printing namun tanpa menggunakan mesin dan tinta.

Di Kelas Ura-Ura ini kita akan bersama-sama belajar tentang seluk beluk teknik dasar Ecoprint, mulai dari mengenal jenis-jenis kain, mengolah kain sebelum di Ecoprint, mengenal daun,bunga dan bagian tumbuhan apa saja yang bisa mengeluarkan warna, mengkomposisikan daun, serta mengetahui logika lipatan kain. Bersama Elsana Bekti dan Antony Wahyudi, dua orang artisan Ecoprint dari kota Jogja kita akan mengesplorasi teknik Ecoprint pada media selendang sutera.

 Jadwal Pertemuan

15 Oktober 2017, pukul 12.00 – 18.00 WIB

Di C2O Library and Collabtive, Jalan Dr.Cipto no.22, Surabaya

Alternatif Transaksi

Uang*
1. Rp 250.000 (early bird) batas maksimal pembayaran tanggal 7 Oktober 2017
2. Rp 300.000 (reguler) batas maksimal pendaftaran 12 Oktober 2017

Barang (maksimal 3 orang)**
1. Membawa tanaman minimal setiap orang membawa 3 jenis (maks. 1 orang)

  • Kesumba
  • Jati
  • Jarak
  • Eucalyptus
  • Stroberi

2. Dandang atau panci kukus berdiameter 45cm (maks. 1 orang)
3. Beras sebanyak 25 kg untuk logistik penggerak koperasi Ura-Ura (maks. 1 orang)

* Pembayaran termasuk selendang sutera, daun, handout materi, peralatan yang digunakan secara kolektif, cemilan, dan air mineral

** Transaksi menggunakan barang paling lambat tanggal 12 Oktober 2017, pukul 19.00 WIB di Bale Pare Surabaya.

Untuk info lebih lanjut, hubungi uraura.co@gmail.com atau 085-655-275-464 (Whatsapp, Line, dan SMS)

Untuk mendaftar kelas ini silahkan isi formulir pendaftaran di tautan bit.ly/LokakaryaEcoprint

Untuk mendaftar di Koperasi Pendidikan, klik bit.ly/daftarkoperasiuraura

 

Kelas Wacana: Melawan Narasi Kecantikan

Poster fix (1)

Kecantikan adalah aspek yang secara fisik dan psikis telah merasuki sendi  kehidupan kita sehari-hari. Namun, kita musti curiga mengenai definisi ‘cantik’ ini. Jangan-jangan, definisi ‘cantik’ yang tertanam di benak kita masih berkutat pada faktor fisik dan persona saja. Sebenarnya, definisi ‘cantik’ ini telah dibentuk dari jaman dahulu hingga sekarang, dilanggengkan serta dimapankan oleh kuasa dominan yang berotak patriarkis.

Perundungan masyarakat mengenai yang cantik dan tidak cantik membuat kita gelisah dan memaksakan diri untuk menjadi serupa, sehingga meninggalkan otentisitas diri yang sebenarnya tanpa mengetahui untuk apa dan bagimana konsekuensi dari kecantikan tersebut terbentuk. Hal ini menjadikan kaum perempuan yang seharusnya dapat berkehendak bebas dalam menentukan citra dirinya dikerdilkan menjadi obyek atau property yang musti mengikuti selera rezim patriarki.

Lebih lanjut, kuasa dominan membajak konsep kecantikan yang sudah ada dan memanfaatkannya untuk keuntungan mereka. Bahkan seiring berjalannya waktu, kuasa terus  mengubah konsep-konsep tersebut demi mendapat keuntungan yang lebih banyak lagi. Tren-tren yang terus bermunculan dan berganti membuat masyarakat berusaha memenuhi standar kecantikan yang terus berubah hingga lupa bahwa mereka telah diperdaya sedemikian rupa.

Gempuran wacana kecantikan yang terus digaungkan ini semestinya membuka mata kita lebar-lebar untuk melihat lebih jauh dampak kesenjangan sosial yang diakibatkan oleh wacana tersebut. Kita perlu memeriksa dan membongkar kembali wacana mapan ini yang telah menindas  individu  atau komunal yang berbeda dari selera masyarakat mayoritas. Bersama Aisya Dewi dan Reynaldi Gilang selaku pemantik diskusi, kita pertanyakan kembali apakah sebenarnya kecantikan itu, dan bagaimana kecantikan tersebut dibentuk, hingga pembahasan yang lebih jauh lagi, perlukah menjadi cantik?

Jadwal Pertemuan

7 Oktober 2017, pukul 15.00 – 19.00 WIB

Di Bale Pare Surabaya, jalan Mojo III nomor 16, Gubeng, Surabaya.

Alternatif Transaksi

Uang*
Rp 15.000 (Diskon 10% untuk anggota koperasi)

Barang (maksimal 2 orang)**
1. 1 kg beras untuk logistik koperasi Ura-Ura
2. 1 bungkus teh tubruk Goalpara ukuran 150 gram + Gula 1 kg

* Pembayaran termasuk biaya kebersihan Bale dan makanan ringan. Dibayar di tempat pada tanggal 7 Oktober 2017.
** Pembayaran menggunakan barang paling lambat tanggal 5 Oktober 2017, pukul 19.00 WIB di Bale Pare Surabaya.

Untuk info lebih lanjut, hubungi uraura.co@gmail.com atau 085-885-971-836 (Whatsapp, Line, dan SMS)

Untuk mendaftar kelas ini silahkan isi formulir pendaftaran di tautan bit.ly/NarasiKecantikan
Untuk mendaftar di Koperasi Pendidikan, klik bit.ly/daftarkoperasiuraura

Kelas Fermentasi: Kombucha

poster fix pol

Kombucha adalah salah satu minuman fermentasi berbahan dasar teh manis yang menggunakan bantuan bakteri dan ragi (SCOBY). Pada mulanya, minuman ini dikembangkan di Cina pada era dinasti Tsin (221 SM) kemudian menyebar ke seluruh dunia. Beberapa catatan menyebutkan, kombucha merupakan minuman untuk awet muda (Elixir of Life). Mengapa demikian? Karena kombucha dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan sistem pencernaan, mencegah kanker, dan banyak manfaat kesehatan lainnya. Pembuatannya pun tidak rumit, hanya mencampurkan minuman teh manis beserta SCOBY ke dalam wadah kaca lalu kita tunggu selama 7-14 hari untuk dapat dikonsumsi sebagai kombucha.

Bersama Piki dan Achmad Assifa selaku penggerak koperasi Ura-Ura dan peramu kombucha rumahan, kita akan berbagi pengetahuan mengenai kombucha serta proses pembuatannya sampai tuntas.

Untuk efisiensi penyampaian materi, batasan peserta kelas ini adalah 15 orang.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera daftarkan dirimu dan mulai meramu minuman sehat sendiri di tempatmu!

Jadwal Pertemuan

30 Juli 2017, pukul 15.00 – 17.00 WIB

Di Bale Pare Surabaya, jalan Mojo III nomor 16, Gubeng, Surabaya.

Alternatif Transaksi

Uang (13 orang)*
Rp 150.000 (Diskon 10% untuk anggota koperasi)

Barang (maksimal 2 orang)**
1. 1 karung beras 10 kg untuk logistik koperasi
2. 1 bal teh tubruk Goalpara ukuran 150 gram + Gula 3 kg

* Pembayaran menggunakan uang paling lambat tanggal 25 Juli 2017, pukul 00.00 WIB.
** Pembayaran menggunakan barang paling lambat tanggal 29 Juli 2017, pukul 19.00 WIB.

Untuk info lebih lanjut, hubungi uraura.co@gmail.com atau 082-233-922-573 (Whatsapp, Line, dan SMS)

Untuk mendaftar kelas ini silahkan isi formulir pendaftaran di tautan bit.ly/KelasKombucha
Untuk mendaftar di Koperasi Pendidikan, klik bit.ly/daftarkoperasiuraura

 

Kelas Wacana: Kopi

kelas kupi fixKopi telah menjadi budaya kekinian di kota metropolutan seperti Surabaya. Bahkan, demi mendapatkan label ‘anak kekinian’, seseorang hanya perlu datang ke tempat ngopi yang memiliki nama mentereng, memesan kopi yang dibuat dengan serentetan metode dan alat yang super njelimet, dan mengunggah foto mengenai kopi tersebut di media sosial. Wow.

Padahal, perjalanan kopi dari kebun hingga ke tanganmu juga menceritakan rentetan pahit kehidupan petani kecil. Ingat, kopi tak sekadar minuman, namun lanskap tentang perampasan dan penindasan.

Kami tak ingin diam dan membiarkan kelatahan yang menjalar ini semakin menggila. Untuk itu kami bersama rumah kopi Kalamula mengadakan diskusi yang bertujuan untuk mengapresiasi kopi itu sendiri. Baik dari sudut pandang komoditi, rekreasi, bahkan ekonomi-politik. Sehingga kita dapat memaknai kopi secara holistik, bukan sekadar urusan teknik.

Kelas ini akan dipandu oleh Abdurrahman Narwastu, Miftahul Huda, dan Muhammad Nandira yang mempunyai rangkaian diskursus dan latar belakang yang berbeda. Sehingga diharapkan nuansa diskusi ini berjalan dinamis dan dialektis, bukan memberikan dogma kaku mengenai ‘kesejatian’ kopi yang malah membentuk jurang antara konsumen yang (merasa) terdidik dan konsumen awam yang teralienasi.

Untuk efisiensi penyampaian materi, peserta kelas ini dibatasi 20 orang. Setiap peserta harap membawa tumbler, bekal, dan alat tulis sendiri.

Jadwal Pertemuan

30 April 2017, pukul 09.00-17.00 WIB

Di Bale Pare Surabaya, jalan Mojo III nomor 16, Gubeng, Surabaya.

Alternatif Transaksi

Uang (15 orang)
Rp 20.000 (Diskon 10% untuk anggota koperasi)

Barang (maksimal 3 orang)
100 gram biji kopi Arabika (single origin Indonesia)

Tenaga (maksimal 2 orang)
1. Membantu inventaris koleksi buku Pustaka Nyala di Bale Pare Surabaya (1 orang)
2. Kerja sukarela selama 1 hari di Rumah Kopi Kalamula (1 orang)

Untuk info lebih lanjut, hubungi uraura.co@gmail.com atau 089-630-379997 (Whatsapp, Line, dan Telepon)

Untuk mendaftar kelas ini silahkan isi formulir pendaftaran di tautan intip.in/KelasKopiUraUra
Untuk mendaftar di Koperasi Pendidikan, klik bit.ly/daftarkoperasiuraura

Kelas Lokakarya: Ikat Celup Pewarna Alam

 

lokakarya-c

Ikat celup adalah salah satu teknik pewarnaan kain yang prinsipnya adalah dengan merintang warna dengan cara mengikat kain kemudiam mencelupnya dalam cairan pewarna. Rupa-rupa motif yang dihasilkan dari teknik ini berasal dari metode ikat mengikat dengan menggunakan alat, bahan, dan cara-cara yang sederhana.

Banyak industri tekstil dan mode yang menggunakan teknik ini untuk membuat motif pada kain-kainnya, namun sayangnya mereka menggunakan pewarna tekstil sintetis. Warna yang dihasilkan pewarna sintetis memang lebih terang dengan variasi warna yang tak terbatas. Namun sayangnya, pewarna sintetis tersebut mengandung bahan kimia beracun yang berbahaya bagi manusia, tanah dan air. Atas nama profit dan efisiensi produksi aspek ini jarang diperhitungkan oleh industri tekstil dan mode.

Untuk memberikan alternatif pembuatan kain yang lebih manusiawi dan ramah lingkungan kami mengadakan lokakarya ikat celup pewarna alam.

Dalam kelas lokakarya kali ini bersama-sama kita akan membongkar wacana dominan dunia mode dan menerapkannya langsung dengan membuat kain selendang dan saputangan ikat celup dengan pewarna alam yang dipandu oleh Ajeng Larasati (pegiat ikat celup pewarna alam).

Jadwal Pertemuan
Minggu, 06 November 2016 pukul 10.00 s.d. 15.00
Di Bale Komune Rakapare Surabaya, Jln. Mojo III No. 16, Surabaya

 

Waktu Pendaftaran

28 Oktober s.d. 2 November 2016
Tenggat pendaftaran dan pembayaran paling lambat tanggal 2 November 2016 pukul 23.00 WIB

Alternatif Transaksi

Uang (10 orang)

Rp. 100.000,-/Orang (Diskon 10% untuk anggota koperasi)

Barang (Maksimal 5 orang)

  •  Kain Katun Primisima ukuran 4 meter, dapat dibeli di toko kain Pucang. (Maksimal 2 Orang)
  • Daun mangga segar sebanyak 1 kilogram (Slot penuh)
  • Panci kapasitas 5 liter + 2 pak jepit jemuran (Maksimal 1 Orang)

* Untuk alternatif transaksi dengan barang, wajib diserahkan ke sekretariat Koperasi Ura-Ura Surabaya (Jalan Mojo III No. 16) paling lambatpada hari Rabu, 2 November 2016, pukul 21.00 WIB.

Untuk mendaftar kelas ini silakan isi formulir pendaftaran di tautan
bit.ly/daftarkelasuraura

Untuk mendaftar menjadi anggota Koperasi Pendidikan, klik
bit.ly/daftarkoperasiuraura

Info lebih lanjut: uraura.co@gmail.com atau 082233922573 (Whatsapp, Line, atau Telepon)

 

Kelas Wacana: Filsafat Tata Ruang

tata-ruang-daftar

 

Masih segar dalam ingatan kita, peristiwa bukit duri dan Karawang yang merupakan salah satu contoh perebutan ruang antara penguasa dan masyarakat. ruang seakan tak pernah menjadi kedaulatan kita. Penguasaan ruang seakan digenggam erat oleh otoritas yang seperti tak terjangkau oleh masyarakat. Kesadaran kita untuk meruang seolah dicabut dan disamarkan oleh hasrat-hasrat estetika sintetis yang terus disusupkan oleh penguasa. Demi sirkulasi kapital, kita diasingkan dari lingkungan kita sendiri. Demi kemajuan, pembangunan, dan kota yang lebih beradab katanya, apakah memang benar demikian?

Lantas, seperti apakah ruang itu? Mengapa ia diperebutkan? Siapa seharusnya yang mengatur ruang? Mengapa tak ada upaya komunikatif antar pihak yang terkait dalam ruang tersebut? Mengapa kesadaran kita sebagai masyarakat modern untuk meruang seolah tersamarkan bahkan menghilang?

Bersama Robbani Amal Romis dan Achmad Assifa Januar, mari kita mendiskusikan bersama mengenai ruang dan segala tetek bengeknya sampai dialektis.

Jadwal Pertemuan
Sabtu, 05 November 2016 pukul 09.00 s.d. dialektis
Di Bale Komune Rakapare Surabaya, Jln. Mojo III No. 16, Surabaya

 

Waktu Pendaftaran

25 Oktober s.d. 3 November 2016
Tenggat pendaftaran paling lambat tanggal 3 November 2016 pukul 23.00 WIB

Alternatif Transaksi

Uang (20 orang)

Rp. 15.000,-/Orang (Diskon 10% untuk anggota koperasi)

Barang (Maksimal 5 orang)

– Gula 1 Kg + Teh (Maksimal 1 Orang)
Gula 1 Kg + Kopi (Maksimal 1 Orang) Slot Penuh
– Gorengan (20 Biji/Orang maksimal 3 Orang)

*Pembayaran barang harap diserahkan ke Bale Komune Rakapare maksimal H-1 kelas, kecuali Gorengan dibawa pada saat registrasi ulang (hari H)

Untuk mendaftar kelas ini silakan isi formulir pendaftaran di tautan
bit.ly/daftarkelasuraura

Untuk mendaftar menjadi anggota Koperasi Pendidikan, klik
bit.ly/daftarkoperasiuraura

Info lebih lanjut: uraura.co@gmail.com atau 082233922573 (Whatsapp, Line, atau Telepon)