Sistem & Tatacara Koperasi

Keanggotaan 

Koperasi pendidikan Ura-Ura dijalankan dengan sistem keanggotaan. Keanggotaan dibagi menjadi dua, yakni anggota individu dan anggota komunitas. Setiap anggota koperasi adalah pemilik sekaligus pelanggan dari koperasi. Anggota akan mendapat Kartu Tanda Anggota (KTA).

  • Anggota Individu mendaftarkan diri atas nama perseorangan. Ia terlibat sebagai penggerak langsung koperasi Ura-Ura. Ia bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pendidikan di organisasi koperasi dan berhak untuk mengikuti seluruh kegiatan pendidikan.
  • Anggota Komunitas mendaftarkan diri atas nama anggota komunitas atau menjadi anggota koperasi atas nama komunitas. Ia menjadi jaringan kerjasama koperasi yang subsisten. Komunitasnya pun dapat dibantu oleh koperasi dalam bagian pendidikan dan tenaga kerja.

Apa keistimewaan menjadi anggota dibandingkan dengan bukan anggota?

Anggota koperasi memiliki akses lebih banyak terhadap materi-materi dibandingkan dengan yang bukan anggota. Jika mendaftarkan diri sebagai anggota komunitas, kamu dapat mensinergikan kebutuhan tenaga kerja atau kerelawanan komunitasmu dengan sistem transaksi kegiatan pendidikan. Anggota koperasi juga bisa mendapatkan diskon uang pembayaran biaya kegiatan pendidikan.

Keistimewaan atau hak ini tentunya dibarengi dengan kewajiban sebagai anggota koperasi, seperti membayar iuran bulanan, mengikuti rapat berkala untuk merumuskan konsep hingga teknis materi, dan lain-lain. Hak dan kewajiban ini menjadi penyokong koperasi Ura-Ura untuk terus menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan memperluas dampak.

Sistem Kerja

Dalam pengelolaan koperasi Ura-Ura, keputusan dibuat berdasarkan musyawarah untuk mencapai mufakat, baik untuk tujuan jangka pendek, menengah, maupun panjang. Struktur kepengurusan disepakati berdasarkan tujuan yang sedang ingin dicapai. Serangkaian kegiatan musyawarah ini dinamai Gugur Gunung dan dibagi dalam 3 bagian.

  • Tatas merupakan rangkaian rapat kerja yang meliputi studi, pengkajian, curhat, dan apapun itu. Tatas menjadi semacam kegiatan berkumpul untuk menentukan kegiatan dan pendidikan apa yang akan diselenggarakan bersama dengan seluruh anggota. Tatas dilakukan setiap 2 minggu sekali setiap Jumat malam dengan durasi sekitar 2-4 jam.
  • Titis merupakan rangkaian eksekusi kegiatan yang disepakati saat Tatas, seperti diskusi pembuatan silabus ajar dengan pemateri, publikasi kegiatan, pengawasan kegiatan transaksional, koordinasi, dan penyelenggaran kegiatan pendidikan.
  • Tetes merupakan hasil akhir dari Tatas dan Titis yang dilakukan bersama oleh anggota dan para peserta yang mengikuti penyelenggaraan pendidikan, yang meliputi acara masa bakti dan kekaryaan, pembagian Sisa Hasil Usaha, berupa arsip materi, handout, dan notulensi kegiatan, dan publikasi pengetahuan.

Tatas, Titis dan Tetes adalah tritunggal yang dilakukan secara terus menerus sebagai siklus, dengan tujuan memperbaiki kualitas pendidikan secara terus menerus. Seluruh anggota individu koperasi terlibat aktif dalam ketiga rangkaian kegiatan ini.

Jika kamu ingin mengetahui dengan lebih terperinci tentang sistem keanggotaan, hak dan kewajiban, serta sistem kerja koperasi Ura-Ura, kamu bisa klik disini atau berkunjung ke Sekretariat kami di Jalan Tikukur 17 Bandung.

 

Iklan