Transaksi

Pendidikan yang berkualitas adalah hak setiap umat manusia. Namun, seperti dibahas sebelumnya, bagaimanakah kita menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang berkualitas sekaligus mengelola keberlanjutannya?

Karena itulah, Ura-Ura merumuskan sebuah sistem transaksi. Transaksi pada dasarnya adalah tukar menukar. Sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan, manusia melakukannya. Barter adalah bentuknya yang paling sederhana. Sekarang, kegiatan tukar menukar telah berkembang sedemikian rupa dan terinstitusionalisasi dalam sistem finansialisasi dan moneter, dimana alat tukarnya adalah uang dan mata uang. Sayangnya, uang yang semula dimaksudkan untuk mempermudah kegiatan tukar menukar mengalami perubahan makna. Manusia tidak lagi berfokus pada kebutuhan (tujuan pertukaran), namun malah berfokus pada alat dan nilai tukar, yaitu uang itu sendiri. Akhirnya, seperti kita alami sekarang, aspek-aspek kehidupan hanya direduksi menjadi seukuran uang dan angka-angkanya semata. Orang berlomba-lomba untuk mengumpulkan uang sebanyak mungkin, tanpa paham lagi apa yang sejatinya ia butuhkan ataupun tidak ia butuhkan.

Hal ini terjadi pula dalam pendidikan. Sekolah dan universitas malah berlomba-lomba untuk memberlakukan biaya mahal, karena nilai uang yang tinggi diasosiasikan dengan prestise yang tinggi pula. Akhirnya, kualitas pendidikan, pembangunan karakter manusia, dan keberlanjutan sistem sosial tidak lagi dipikirkan. Begitu pekatnya kabut alat tukar yang satu ini!

Atas dasar pemahaman tersebutlah, Ura-Ura sebagai koperasi pendidikan tidak ingin terpaku pada satu alat tukar saja, yakni uang. Perhatikan bahwa ini bukan berarti kita mendiskreditkan efisiensi uang sebagai salah satu alat tukar paling mutakhir dalam peradaban manusia. Ura-Ura pun sadar penuh bahwa berada dalam sistem kapitalisme dan moneter fiat mau tak mau mengharuskan koperasi pendidikan ini untuk butuh uang. Namun, disini kami ingin mengajakmu dan masyarakat untuk memandang sistem transaksi lebih jernih: sebagai sebuah sistem untuk saling memenuhi kebutuhan bersama. Perlu disepakati sedari awal bahwa landasan dari kegiatan transaksional ini tidak untuk akumulasi profit/uang.

Oleh sebab itu pulalah, koperasi pendidikan Ura-Ura bertugas untuk memperbanyak variasi alternatif pembayaran kegiatan pendidikan secara kreatif. Sedekat ini, alternatif pembayaran kegiatan pendidikan antara lain:

Tenaga kerja kerelawanan di komunitas/organisasi

Komunitas dan organisasi seringkali menemui masalah kekurangan sumber daya manusia dalam menjalankan roda-roda organisasinya. Padahal komunitas dan organisasi adalah tempat yang baik untuk belajar, mengasah diri, mengembangkan skill, menambah jaringan, dan memperbanyak pengalaman langsung. Di satu sisi, peserta didik memiliki tenaga dan hasrat tinggi untuk belajar. Kebutuhan ini cocok dan saling melengkapi. Karena itu, peserta didik dapat memilih untuk membarter kegiatan pendidikan di Ura-Ura dengan tenaga kerja kerelawanan di komunitas dan organisasi yang menjadi anggota koperasi.

Barang

Koperasi Ura-Ura membutuhkan barang-barang dan infrastruktur untuk operasional. Misalnya, isian spidol, papan tulis buku, keranjang sampah, sabun cuci, dan lain sebagainya. Peserta didik dapat membayar kegiatan pendidikan dengan barang-barang ini. Barang yang dibarterkan tidak harus baru, asalkan sesuai dengan kebutuhan koperasi Ura-Ura.

Uang

Untukmu yang memiliki waktu terbatas untuk menjadi relawan atau mencari barang, Ura-Ura menerima alternatif pembayaran uang. Dalam setiap publikasi kegiatan pendidikan, Ura-Ura akan menerbitkan jumlah biaya pembayaran uang yang dibutuhkan. Hasil pembayaran uang akan disalurkan untuk uang sewa tempat koperasi, biaya listrik dan air, stipendium pemateri, dan biaya pengelolaan yang membutuhkan jasa (seperti perbaikan saluran air, listrik, dsb). Besaran biaya pendidikan ditentukan berdasarkan keputusan rapat musyawarah anggota koperasi dengan mempertimbangkan kebutuhan kegiatan, seperti bahan praktik, transportasi kunjungan, konsumsi, dan lain sebagainya. Anggota koperasi yang memilih alternatif pembayaran dengan uang, juga berhak mendapatkan diskon!

Rincian penyaluran hasil pembayaran akan disediakan secara terbuka kepada siapapun yang meminta. Ketentuan jenis, kuantitas, dan kualitas pembayaran untuk setiap kegiatan pendidikan akan dimusyawarahkan dalam rapat berkala anggota koperasi. Nantikan saja publikasinya, dan pilihlah moda pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Semoga kebutuhan dan kemampuan kita saling bertemu.

Iklan